Tips Mencegah Cacar Api

Tips mencegah cacar api yang dapat disembuhkan dalam waktu 10-14 hari atau lebih tergantung dari tingkat keparahan dari penyakit cacar itu sendiri. Penyakit cacar api dapat dicegah penularannya agar tidak menyebar ke tempat area kulit lainnya. Anda dapat segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan tips mencegah cacar api dan mendapatkan obat atau antibiotik yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit cacar api yang anda derita. Yang dibantu dengan proses penyembuhan melalui cara yang dapat dibilang sebagai tips mencegah cacar api.

Tips Mencegah Cacar Api

Tips Mencegah Cacar Api

Beberapa tips sederhana upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk memperkecil risiko serta pencegahan cacar api tidak kambuh kembali, yakni :

1. Jangan menggaruk cacar dengan tangan atau kuku, karena hanya akan meperparah keadaan cacar dan membuat infeksi atau luka membekas jika cacar tersebut telah pecah atau mengering.

2. Potong kuku secara rutin dan bersihkan kuku dari sisa-sisa kuman yang mungkin masih tersimpan di dalam kuku anda dapat menjadi salah satu tips mencegah cacar api dapat menyerang tubuh anda.

3. Untuk menghindari rasa nyeri atau rasa gatal, gunakan bedak, salep dan obat menurut resep yang sudah diberikan oleh dokter untuk menurunkan rasa nyeri dan gatal.

4. Mandi dengan bersih dan senantiasa menjaga kebersihan diri sendiri baik dari lingkungan rumah, kantor dan lain sebagainya.

5. Hindari makanan yang dapat menimbulkan rasa gatal pada cacar.

6. Mengatur pola makan dan pola hidup yang sehat dengan memperbanyak makan-makanan sehat 4 sehat 5 sempurna.

7. Istirahat dengan cukup setelah seharian melakukan aktivitas.

8. Rajin mengganti baju atau pakaian jika dalam anda keadaan yang berkeringat dan biarkan keringat hilang terlebih dahulu.

9. Mandi dengan menggunakan tambahan obat antiseptik pada air mandi anda.

Biasanya penyakit cacar air ini menyerang pada daerah tubuh seperti ketiak, dada, dan punggung. Cacar api memiliki ciri yang mudah untuk dikenali sehingga anda dapat dengan mudah pula untuk mencari tips mencegah cacar api ini dari segala informasi. Ciri ciri yang muncul seperti kulit yang berubah warna menjadi kemerahan yang disertai dengan gelembung yang percsis seperti ketika anda terkena sundutan rokok. Gelembung yang berisi nanah di dalamnya dan mudah untuk pecah namun sulit untuk dikeringkan. Penyakit yang mudah untuk ditularkan dari salah satu bagian kulit ke bagian kulit yang lainnya.

Beberapa hal yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan ketika anda gagal dalam menerapkan tips mencegah cacar api dan anda telah menderita cacar api ini seperti:

1. Mandi.

Apabila anda sedang menderita cacae api bukan berarti anda tidak dibolehkan untuk mandi karena cacar yang sudah pecah akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu anda diizinkan untuk mandi dengan syarat anda harus mencampurkan potongan seledri ke dalam air yang akan anda gunakan untuk mandi. Tidak perlu banyak-banyak yang penting dalam air tersebut sudah tercium bau dari seledri yang sudah anda potong tadi. Mandi dengan menggunakan potongan daun seledri sangat efektif untuk menghilangkan kegatalan akibat cacar yang anda derita.

2. Minum air kepala

Pada penderita cacar api akan dengan mudah kehilangan cairan tubuh. Anda dapat mengganti cairan tubuh anda yang hilang dnegan meminum air kelapa hijau biar tetap segar. Meminum air kelama termasuk cara yang alami untuk mengganti cairan tubuh dan akan jauh lebih baik untuk tubuh anda dibandingkan dengan minuman isotonik yang dipasarkan di toko-toko sekitar rumah anda.

3. Hindari gorengan dan makanan olahan dari terigu atau gandum.

Apabila anda sedang menderita cacar api, hal ini harus selalu diperhatikan karena minyak goreng tidak baik untuk penderita cacar. Gorengan hanya akan menambah rasa gatal yang sudah anda derita menjadi tambah gatal. Sedangkan makanan olahan dari gandum juga tidak boleh untuk penderita penyakit cacar karena dapat mengakibatkan munculnya rasa ngilu-ngilu pada ruam yang ada ditubuh anda dan rasa lemah. Makanan yang boleh dikonsumsi adalah makanan yang berasal dari olahan beras. Sekedar tambahan saja untuk anda yang sedang berusaha untuk menghindari makanan yang berbahan terigu dan gandum ada baiknya anda terus menghindarinya hingga 3 bulan kedepan untuk menghindari munculnya rasa ngilu pada ruam di kulit anda. Menghindari mengkonsumsi makanan olahan terigu dan gandum tidak hanya untuk menjauhkan rasa ngilu pada ruam kulit namun juga dapat menjadi tips mencegah cacar api menyerang anda kembali.

4. Jauhi kecap dan zat asam.

Untuk anda para wanita yang tidak menginginkan ada bekas luka cacar yang anda derita. Ada baiknya anda tidak menggunakan kecap sebagai pelengkap dalam setiap santapan yang anda makan. Karena pengaruh dari mengkonsumsi kecap akan membuat luka cacar api pada kulit anda akan meninggalkan bekas kehitaman dan akan mengurangi kecantikan kulit anda.

Dari penjelasan yang sudah kita bahas diatas dapat disimpulkan bahwa tidak semua penderita cacar dilarang untuk mandi karena justru dengan mandi dapat menghilangkan bau badan dan rasa gatal akibat cacar api. Selamat memahami dan mencoba segala tips yang telah kita bahas bersama diatas. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang membutuhkan tips-tips tersebut.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Cacar Api dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cacar Api and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *