Sakit Cacar Api

Sakit cacar api adalah adanya ruam kulit yang menyakitkan dan disebabkan oleh virus varicella-zoster. Virus yang menyebabkan penyakit ini sama dengan virus penyebab penyakit cacar air yang dapat menyerang anda meskipun anda sudah pernah terjangkit cacar air. Setelah anda sembuh dari penyakit cacar air, virus tetap berada dalam tubuh yang biasanya menyebabkan masalah yang lebih lanjut. Virus tersebit akan muncul kembali setelah beberapa tahun kemudian dan inilah penyebab munculnya sakit cacar api.

Sakit Cacar api

Penyaki cacar api dalam bahasa kedokteran sering disebut juga dnegan impetigo. Sedangkan untuk cacar air yang juga merupakan penyakit kulit lainnya disebut dengan varicella. Impetigo itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis yakni pertama impetigo krustosa atau kontagiosa yang disebut juga dengan cacar madu yang merupakan kelainan yang terjadi di sekitar lubang mulut dan hidung dengan ciri-ciri kulit yang memerah dengan lepuhan yang sangat mudah untuk pecah sehingga meninggalkan keropeng tebal berwarna kuning yang hampir serupa dengan madu. Apabila keropeng ini di lepaskan atau dikelopek akan terlihat luka dibawahnya.

Yang kedua adalah impetigo bulosa atau vesiko bulosa. Sakit cacar api atau cacar monyet yang sering muncul di ketiak, dada, dan punggung dengan ciri-ciri kulit yang kemerahan dengan degelbung-gelembung seperti kulit yang tersundut rokok sehingga di kenal denga sakit cacar api. Gelembung pada kulit tersebut berisi nanah dan mudah pecah. Sakit cacar api ini sangat mudah untuk menular dan berpindah dari daru bagian kulit kebagian kulit lainnya. Apabila penyakit ini menyerang bayi yang baru dilahirkan, infeksi dapat menyebar keseluruh tubuh selalui aliran darah. Kelainan ini dapat disertai dnegan demam dan menimbulkan infeksi yang serius pada si bayi.

Ciri-ciri yang ditimbulkan karena Sakit cacar api ini adalah:

1. Demam ringan yang paling sering terjadi di malam hari dan juga malas selama 1 hari sebelum akhirnya vesikel tersebut muncul.

2. Ruam yang terjadi pada cacar api diawali dengan adanya suatu makula yang berwarna kemerahan dan biasanya akan muncul pertama kali pada badan anda dan kemudian menyebar ke wajah. Hanya dalam jangka waktu beberapa jam saja makula yang muncul akan menjadi vasikel yang berisi cairan yang bisa muncul di mulut, aksila, dan vagina. Vasilek ini akan berisi cairan yang akan pecah dalam beberapa hari dan akhirnya akan menimbulkan kusta.

3. Disaat yang bersamaan akan dijumpai makula, vasikel, serta keropeng yang banyak dalam berbagai stadium dalam bentuk dan krustasinya.

4. Penyakit cacar air terjadi dikulit dan menyerang satu bagian area tubuh saja. Seperti di sepanjang dermatom yang sudah terinfeksi cacar yang biasanya pada adea tubuh seperti wajah, leher, dan juga dada. Lesi yang ukurannya kecil atau besar dan dalam jumlah yang sedikit atau bahkan bisa lebih banyak.

Pencegahan cacar api.

Sakit cacar api sangat mudah untuk dicegah penularannya. Diantaranya dengan selalu menjaga kebersihan badan anda. Rajin mandi dan teratur mengganti pakaian yang sudah kotor berdebu maupun keringat. Serta mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Mengenai perawatan yang dapat dilakukan untuk anda yang sudah terjangkit cacar api sebaiknya langsung diberi penanganan.Mengingat kulit tubuh anda yang sudah terpapar penyakit cacar air, kemungkinan pula dapat terjangkit infeksi dan mengalami komplikasi. Agar penyembuhan yang anda lakukan lebih efektif, ada baiknya anda meminta tolong kepada orang tua atau orang yang tinggal serumah dengan anda untuk memperhatikal hal seperti:

  • Rutin memakai salep yang sudah diberikan oleh dokter yang berfungsi untuk meredakan rasa nyeri dan gatal yang menyeruak kulit.
  • Rajin mengganti baju kotor yang terkena biang keringat yang akan memicu munculnya penyakit cacar air.
  • Menggunakan obat antiseptik yang dapat dicampurkan pada air yang akan anda gunakan untuk mandi.
  • Mematuhi pantangan mamakan yang dapat menimbulkan rasa nyeri dan gatal pada ruam yang muncul. Makan yang tidak diizinkan dikonsumsi oleh penderita penyakit cacar air seperti makanan olahan dari terigu dan gandum, makan dengan tambahan kecap dan air jeruk yang akan membuat ruam anda meningggalkan bekas luka yang kehitaman serta mengkonsumsi gorengan karena minyak dapat menyebabkan r7uam semakin gatal.
  • Usahakan untuk mengurangi / menghilangkan kebiasaan menggaruk pada kulit yang gatal maupun luka yang diakibatkan dari bekas ruam tersebut. Selalu gunting kuku anda dan besihkan dari sisa-sisa kuman yang masih ada di dalam kuku anda. Demi menjaga supaya tidak terjadi infeksi yang serius pada kulit anda.
  • Anda dapat mandi dengan menggunakan air yang dicampur dengan potongan daun seledri yang dapat mengurangi rasa gatal pada tubuh anda akibat munculnya ruam pada kulit anda karena sakit cacar api yang anda derita. Potongan seledri yang digunakan tidak perlu terlalu banyak yang paling penting dalam air tersebut sudah berbau seledri.
  • Pada penderita yang sedang sakit cacar api biasanya akan menguras cairan dalam tubuh anda. Untuk itu anda juga dapat mimun air kelapa untuk mengganti cairan tubuh anda yang hilang. Ada baiknya anda memilih air kelapa karena yang alami itu jauh lebih baik dibandingkan dengan isotonik yang tersebar dipasaran.

=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Cacar Api dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cacar Api and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *