Penyebaran Cacar Api

Penyebaran cacar api yang muncul akibat adanya bakteri staphylococcus aurea atau jenis tunggal dari staphylococcus itu sendiri yang terjadi pada lapisan kulit jangat.  Jika bakteri ini telah menyebar melalui aliran darah akan menimbulkan beberapa gejala seperti demam, sakit kepala sebelah (migrain), tubuh terasa lemah, lesu dan kemudian timbul gelembung atau tonjolan kulit yang memerah dan berisi air bakteri yang mudah menular dan mudah sekali pecah.

penyebaran cacar api

penyebaran cacar api 

Perbadaan yang muncul pada penyakit cacar air dengan cacar api seperti pada cacar air yang dapat ditularkan lewat saluran pernapasan ke seluruh tubuh yang mengakibatkan munculnya tonjolan pada kulit, sedangkan jika penyakit cacar api dapat menular akibat cacar api yang sudah muncul dan digaruk hingga tidak sengaja pecah, kemudian menggaruk kembali pada bagian kulit yang masih sehat, jika menular pada orang lain umumnya paling mudah lewat keringat.

Jika kulit yang terluka atau sudah terinfeksi oleh bakteri penyebab penyebaran cacar api ini tidak segera di atasi, maka akan menimbulkan komplikasi pada bekas luka yang tidak dapat dihilangkan atau keropeng pada kulit tempat dimana cacar api itu tumbuh.

Masa inkubasi dari cacar api ini dapat berlangsung 10-14 hari. Cacar air yang timbul pada permukaan kulit bentuk dan ukurannya bervariasi mulai dari ukuran yang kecil seperti kerikil, perlahan mulai sebagian ada yang membesar seperti kacang polong hingga seperti cincin.

Rasa gatal yang teramat sangat timbul ketika dimalam hari dalam suhu ruangan yang dingin, rasa gatal akan semakin terasa dan ketika siang hari dalam cuaca panas cukup tinggi diliputi oleh produksi keringat yang banyak mengandung bakteri semakin memperluas cacar api semakin bertambah dan bakteri mudah berkembang biak dan menyebar melalui aliran darah yang diserang oleh bakteri tersebut.

Pada awal muncul penyebab penyakit cacar api karena anda telah terinfeksi firus dan anda akan menderita dengan rasa sakit yang dirasa seperti terbakar dan kulit yang menjadi sensitif selama beberapa hari bahkan hingga satu minggu. Penyebaran cacar api sangat ini susah untuk di deteksi apabila ruam atau bintil pada kulit yang berwarna merah belum muncul. Ruam muncul dari lepuhan kecil di atas dasar kulit dengan warna merh dan dengan lepuhan lain yang terus muncul dalam 3-5 hari yang akan tumbul pada setiap orang meskipun orang tersebut sudah pernah menderita penyakit cacar air. Bimtil merah yang muncul pada kulit anda akan timbul mengikuti syaraf dari sumsum tulang belakang dan membentuk pola seperti pita pada area kulit. Penyebaran cacar api yang muncul pada kulit tubuh anda menyerupai sinar yag disebut dengan pola dermatomal. Bintil akan muncul pada seluruh atau hanya pada sebagian jalur syaraf yang terkait dengan virus tersebut. Pada penyakit cacar air ini basanya hanya melibatkan satu syaraf saja, , namun beberapa kasus bisa jadi lebih dari satu syaraf yang terlibat. Bintil akan mulai peah dan berair kemudian daerah sekitar akan mengeras dan mulai sembuh. Gejala penyebab cacar ar ini akan terjadi dalam jangka waktu 3-4 minggu.

Pencegahan yang dapat anda lakukan untuk menghindari penyebaran cacar api adalah dengan cara memberi vaksinasi. Vaksin memiliki fungsi untuk meningkatkan respon spesifik limfosit sitotoksik terhadap virus pada pasien seropositif usia lanjut. Vaksin herpes zoster dapat berupa virus itu sendiri yang telah dilemahkan atau komponen selular virus tersebut yang berperan sebagai antigen. Pada pasien cacar air yang rentan seperti orang yang usianya sudah lanjut, dan penderita imunokompeten serta imunosupresi dapat mengurangin atau mencegah munculnya penyakit cacar api dengan menggunakan vaksinasi menggunakan virus yang telah dilemahkan tersebut.

Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi penyebaran cacar api dengan:

–         istirahat total yang dapat unruk menurunkan gejala deman yang muncul akibat penyakit cacar air ini.

–         Sangat dianjurkan untuk memastikan kulit dalam kondisi yang selalu bersih dan jangan memakai barang-barang yang telah terkontaminasi. Serta pastikan barang yang akan anda pakai telah dicuci dengan menggunakan air yang mendidih dan telah steril.

–         Gunakan obat-obatan yang telah diindikasikan dokter untuk menurunkan rasa gatal pada bintil yang muncul pada tubuh anda.

–         Kemudian cara yang terakhir anda harus mengisolasikan diri dari semua orang guna mencegah adanya penularan penyebaran cacar api yang anda derita kepada orang lain disekitar lingkungan tempat anda tinggal.

Pengobatan untuk pencegahan penyebaran cacar api harus segera mungkin dilakukan setelah munculnya ruam merah pada kulit anda untuk  membantu mempersingkat perjalanan penyakit cacar air yang anda derita dan juga untuk menurunkan tingkat keparahan dari penyakit itu sendiri. Obat-obatan yang dapat anda berikan kepada orang yang menderita penyakit cacar api ini seperti acyclovir, valacyclovir, dan famsiklovir dalam bentuk pil dan dosis yang tinggi. Obat anti-nyeri atau kompres basah dingin juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri yang muncul akibat dari virus herper zoster. Sedangkan antihistamin atau lotion calamine juga diberikan untuk dapat membantu anda untuk meringankan rasa gatal dan ketidaknyamanan yang diberikan baik secara oral maupun yang dioleskan pada kulit. Segera pergi ke dokter untuk mengkonsultasikan tentang pengobatan yang harus anda lakukan untuk mencegah penyebaran cacar api yang anda derita.

 


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Cacar Api dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cacar Api and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>